MUTIARA FORKLIFT

Blog News Mutiara Forklift

Jangan Panik! Ini Dia Penyebab Forklift Rusak dan Cara Mengatasinya!

Jangan Panik! Ini Dia Penyebab Forklift Rusak dan Cara Mengatasinya!

Penggunaan forklift yang dilakukan secara terus-menerus, akan membuat munculnya gejala kerusakan forklift. Jika forklift sudah memunculkan gejala kerusakan, namun Bapak/Ibu tetap memaksakan untuk beroperasi dengan kondisi demikian, maka akan membahayakan lingkungan area kerja dan forklift tidak dapat mengangkat barang dengan baik.

Lalu, apa saja penyebab kerusakan forklift dan bagaimana cara mengatasinya? Simak, di sini!

Penyebab Kerusakan Forklift

Meskipun terlihat seperti kendaraan yang kuat, ternyata ada banyak hal yang perlu Bapak/Ibu perhatikan agar forklift selalu dalam performa maksimal. Yuk, intip 5 penyebab umum kerusakan forklift!

1. Jarang Ganti Oli dan Memeriksa Mesin

Jarang mengganti oli akan menyebabkan bagian hidrolik, stir, maupun pallet cepat patah. Selain itu, mesin akan cepat overheat kemudian mogok, bahkan tak jarang forklift akan sangat sulit untuk dinyalakan kembali.

Pergantian oli mesin perlu dilakukan secara teratur, minimal 2 bulan sekali. Dengan pergantian oli secara berkala, mesin dapat terhindar dari gejala kerusakan, Bapak/ibu perlu mengganti oli yang berkualitas untuk menghasilkan gesekan stabil dan terhindar dari gejala aus atau korosi.

2. Melebihi Beban Muatan

Setiap kendaraan angkut forklift memiliki spesifikasi khusus yang dapat mempengaruhi daya tahan maksimal beban angkut. Untuk itu, Bapak/Ibu perlu bijak dalam mengoperasikan forklift dan juga memperhatikan minimal atau maksimal muatan beban yang dapat forklift kerjakan.

Baca Juga: 7 Jenis Kapasitas Forklift yang Banyak Dicari!

3. Tidak Bisa Mengendalikan Garpu atau Pallet

Bapak/Ibu perlu teliti serta merasa hati-hati dalam mengendalikan garpu, agar pallet yang akan diangkat tidak patah ataupun tergelincir. Salah satu kecerobohan dalam menggunakan forklift adalah mengangkat pallet dengan terlalu cepat, sehingga hidrolik pada forklift rawan bocor dan membuat pallet gagal dalam mengangkat beban yang dibawa. Perlu diingat, Bapak/Ibu wajib memastikan pallet berada di bawah 15 cm dari permukaan ketika forklift akan berjalan.

4. Permukaan Jalan yang Tidak Sesuai

Penggunaan forklift pada permukaan jalan yang tidak sesuai dapat mengakibatkan forklift menjadi lebih cepat rusak. Oleh sebab itu, Bapak/Ibu perlu memastikan bahwa Bapak/Ibu dapat memilih jenis jalan yang sesuai untuk forklift.

5. Operator yang Kurang Handal

Setiap operator alat berat wajib memiliki surat izin operasi yang berlaku dan diterbitkan dari dinas setempat. Pasalnya, sangat membahayakan apabila forklift yang dioperasikan oleh sembarang orang yang tidak memiliki wawasan dan skill kompeten dalam mengendarai forklift.

Itulah beberapa informasi tentang beberapa penyebab kerusakan pada forklift. Dengan mengetahui hal tersebut, maka dapat meminimalkan kerusakan pada forklift milik Bapak/Ibu.

Apabila Bapak/Ibu memiliki kebutuhan forklift, baik ingin sewa ataupun beli. MF adalah jawabannya, karena MF adalah jasa rental forklift dan crane terbaik. Mari, dapatkan penawaran harga terbaik untuk rental forklift dari MF!

Hubungi: 081 818 7779

News Lainnya :

Whatsaap

Follow Our Social Media