MUTIARA FORKLIFT

Blog News Mutiara Forklift

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Operator Forklift di Dunia Industri? Temukan Jawabannya di Sini!

Apa Saja Tugas dan Tanggung Jawab Operator Forklift di Dunia Industri? Temukan Jawabannya di Sini!

Menjadi operator forklift bukanlah suatu hal yang mudah. Pasalnya, menjadi operator forklift perlu memahami banyak hal seputar forklift. Operator forklift memiliki tugas dan tanggung jawab yang cukup berat karena kesalahan saat bekerja dapat membahayakan nyawa dan merugikan perusahaan apabila barang yang diangkat atau dipindahkan mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, Bapak/Ibu perlu memilih operator forklift yang berpengalaman dan mempunyai track record yang memuaskan. Seperti apa tugas dan tanggung jawabnya? Simak ulasannya di sini!

Tugas Utama Operator Forklift

Sebagai operator forklift yang profesional, tugas utamanya adalah mengoperasikan forklift sesuai dengan kebutuhan perusahaan tempatnya bekerja. Baik untuk mengangkat, memindahkan, atau menyusun barang. Makin lancar kerja operator, maka akan berdampak baik pada kelancaran proses kegiatan industri, terutama pada bagian produksi dan pemasaran.

Tugas berikutnya adalah membuat laporan kerja setiap hari, baik secara tertulis maupun melalui sarana komunikasi, seperti laporan kondisi terkini forklift, apakah butuh perawatan atau penggantian sparepart, dan juga kerusakan yang mungkin terjadi selama pengoperasian forklift.

Tanggung Jawab Operator Forklift

Tanggung jawab operator forklift adalah menggunakan alat pelindung diri yang lengkap saat mengoperasikan forklift. Alat pelindung yang digunakan, seperti helm uang berfungsi untuk melindungi bagian kepala, rompi yang berfungsi untuk menjaga keamanan tubuh, dan memastikan tidak terpapar zat berbahaya. Selain alat pelindung tersebut, operator forklift perlu menggunakan masker saat bekerja di gudang atau lokasi yang berhubungan langsung dengan bahan kimia atau gas berbahaya, serta memakai sepatu dan sarung tangan lengkap.

Tanggung jawab berikutnya adalah memastikan check sheet dari forklift diisi rutin setiap hari sebelum dan sesudah digunakan. Isinya adalah pengecekkan kondisi panel pada dashboard, lampu, kondisi roda, dan juga ban dalam forklift.

Operator juga harus mengecek oli pada hidrolik sistem, apakah masih ada atau butuh penambahan, agar saat digunakan alat pengangkut tidak mengalami kendala. Check sheet ini diperlukan untuk inspeksi berkala, yang akan dilakukan perusahaan.

Syarat Menjadi Operator Forklift

Untuk menjadi operator forklift, tentunya butuh beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti memastikan badan dalam kondisi sehat, usia minimal 21 tahun, serta tidak mengonsumsi narkoba dan obat terlarang.

Selanjutnya adalah bisa mengoperasikan forklift dengan baik sesuai standar yang dibutuhkan perusahaan dan operator harus memiliki surat izin menggunakan forklift yang didapatkan setelah mengikuti training menjadi operator forklift.

Itulah informasi tentang tugas dan tanggung jawab sebagai operator forklift. Jika Bapak/Ibu membutuhkan informasi seputar forklift, Bapak/Ibu dapat mengunjungi mutiaraforklift.ac.id dan semua pertanyaan Bapak/Ibu akan terjawab. Bila membutuhkan sewa forklift harian, nulanan, dan tahunan, kami siap melayani 24 jam untuk memenuhi kebutuhan material handling Bapak/Ibu.

Mari rental forklift dan crane hanya di MF!

News Lainnya :

Whatsaap

Follow Our Social Media