MUTIARA FORKLIFT

Blog News Mutiara Forklift

Ini Dia, 10 Jenis Forklift dan Penggunaan yang Wajib Diketahui!

Ini Dia, 10 Jenis Forklift dan Penggunaan yang Wajib Diketahui!

PT MUTIARA FORKLIFT

Forklift adalah salah satu alat berat yang paling kuat dan banyak digunakan di dunia industri terutama pergudangan. Alat berat ini bisa memudahkan Bapak/Ibu untuk memindahkan beban berat di gudang maupun bidang konstruksi.

 

Forklift dapat mengangkat barang atau mesin yang tidak dapat diangkat oleh manusia. Dengan menggunakan forklift, barang atau mesin akan mudah diangkat dan aman saat dipindahkan.

 

Kini, forklift hadir dengan berbagai pilihan dan juga model. Apabila Bapak/Ibu sedang menentukan jenis apa yang paling sesuai dengan kebutuhan pekerjaan di industri yang sedang dijalani. Artikel ini sangat cocok untuk menambah informasi terkait pemilihan forklift yang sesuai.

 

Yuk, simak jenis forklift dan penggunaannya di sini!

Jenis-Jenis Forklift

Berikut adalah jenis-jenis forklift yang sedang popular:

1. Warehouse Forklift (Forklift Gudang)

Forklift gudang adalah jenis alat berat pengangkat yang paling banyak dikenal dan digunakan. Forklift ini memiliki garpu kembar memanjang pada bagian depan. Forklift ini berguna untuk memuat dan menurunkan pallet ataupun material secara seimbang. Selain itu, forklift gudang ini paling sesuai untuk memindahkan dan mengangkut barang-barang dari kendaraan pengiriman.

spare part forklift
Sumber: iStock

2. Side Loader

Forklift side loader adalah subtipe dari forklift gudang yang berfungsi sebagai pemuat samping. Karena pengoperasiannya dari samping, forklift akan dengan mudah dikendarai di samping rak, sehingga saat memuat dan membongkar forklift tidak perlu berbelok. Cara kerja operator forklift ini adalah dengan berdiri pada kompartemen menyamping. Forklift ini sangat cocok digunakan untuk lokasi sempit. Selain itu, forklift ini cocok untuk menangani muatan seperti kayu dan pipa.

Sumber: Easy Street Material Handling Equipment

3. Counterbalance Forklift

Forklift counterbalance sering disebut dengan forklift penyeimbang. Forklift ini tidak memiliki perpanjangan lengan, sehingga memiliki kemampuan untuk memindahkan beban secara langsung. Forklift counterbalance memiliki beberapa jenis, salah satunya adalah forklift dengan 3 roda yang memudahkan berputar atau bermanuver pada lingkaran. Forklift ini juga memungkinkan memudahkan operator dalam menaikan dan menurunkan beban.

Sumber: Adera Teknik Utama

4. Telehandler

Forklift telehandler dikenal sebagai forklift jangkauan. Telehandler memiliki boom dan lengan yang dapat diperpanjang, sehingga menjadi kombinasi antara derek dan forklift. Garpu kembar yang dimiliki forklift ini berguna untuk memindahkan palet dari tanah.

Telehandler standar mampu mengangkat 5.500 pon bahan dengan ketinggian mencapai 19 kaki di udara. Alat berat ini cocok digunakan untuk menjangkau ruang dan sudut yang sempit.

Sumber: JLG

5. Industrial Forklift

Forklift industri disebut juga dengan forklift berkapasitas besar. Walaupun tidak dapat mencapai sudut sulit seperti telehandler, namun industrial forklift dapat mengangkat muatan jauh lebih tinggi dan lebih berat dari tanah daripada forklift gudang.

Sumber: Goldstein Market Intelligence

6. Rough Terrain Forklift

Rough terrain forklift dikenal sebagai forklift tiang lurus. Forklift ini dirancang untuk lokasi pekerjaan di luar ruangan, terutama pada permukaan yang tidak rata. Alat berat ini memiliki ban yang kokoh, sehingga dapat membantu navigasi pada tanah berbatu.

Sumber: Manlifts & Boom Lift

7. Pallet Jack

Pallet jack disebut juga dengan truk pompa. Forklift jenis ini tidak mampu mengangkat muatan besar, karena muatannya kecil. Walaupun hanya bisa mengangkat muatan kecil, forklift jenis ini dapat memungkinkan untuk mengangkat beban kecil di ruangan sempit.

Sumber: Toyota Forklift

8. Walkie Stacker

Sama seperti Jack Pallet, walkie stacker ini tidak memiliki daya, kemampuan manuver, atau kecepatan. Namun, walkie stacker sangat ideal apabila memerlukan jack pallet yang lebih tinggi.

Sumber: China Forklift

9. Order Picker

Order picker dapat mencapai ketinggian hingga 32 kaki, alat berat ini dirancang untuk mengangkat operator hingga rak gudang. Forklift jenis ini digunakan untuk gudang pesanan pelanggan dan fasilitas penyimpanan.

Sumber: Linde Material Handling

10. Reach Fork Truck

Forklift reach adalah alat berat gudang yang digunakan untuk pekerjaan dalam ruangan. Keunggulan dari forklift reach ini adalah dapat menjangkau ke rak gudang dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh forklift standar lainnya.

Sumber: IndiaMart

Rental, Jual, dan Beli Forklift hanya di PT. Mutiara Forklift

Untuk mempermudah produksi, Bapak/Ibu pasti memerlukan alat berat seperti forklift. Fungsi forklift adalah sebagai alat bantu mengangkat benda-benda berat dari satu tempat ke tempat lainnya. Dengan begitu, dapat mempermudah produksi secara maksimal.

 

Kini, Bapak/Ibu tidak perlu khawatir lagi apabila ada kebutuhan forklift. Karena, PT. Mutiara Forklift menyediakan jasa renta, jual, dan beli forklift dengan harga yang terjangkau dan semua unit forklift terawat dengan baik.

 

Yuk, hubungi kontak marketing PT. Mutiara Forklift untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

News Lainnya :

Whatsaap

Follow Our Social Media