MUTIARA FORKLIFT

Blog News Mutiara Forklift

Memahami Safety Device pada Forklift

Memahami Safety Device pada Forklift

Hallo Bapak/Ibu! Tahukah Bapak/Ibu mengenai Safety Devices (perangkat pengaman) yang ada pada forklift? Perlu Bapak/Ibu ketahui bahwa setiap alat berat harus dilengkapi dengan safety devices yang bertujuan untuk melindungi tenaga kerja terhadap kecelakaan yang ditimbulkan serta mengantisipasi terjadinya kecelakaan ketika menggunakan forklift.

Dengan demikian, yuk simak artikel ini untuk mengetahui fungsi dan apa saja safety device pada forklift!

Apa Fungsi Safety Device?

Safety Device adalah suatu perangkat yang digunakan untuk mencegah terjadinya kesalahan penggunaan forklift dan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan kerusakan forklift dan kecelakaan kerja lainnya. Safety Device adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi agar forklift layak dan aman saat dioperasikan.

Apa Saja Safety Device pada Forklift?

Berikut ini adalah Safety Device serta kegunaannya pada forklift:

Backrest

Backrest pada forklift berfungsi sebagai sandaran beban ketika forklift mengangkat bebannya. Dengan adanya backrest, beban dapat disandarkan pada forklift sehingga forklift lebih stabil ketika mengangkatnya sambil berjalan dengan membawa beban.

Stopper

Stopper berfungsi sebagai pembatas pengangkatan. Dengan adanya stopper, operator tidak akan mengangkat beban melebihi batas maksimal.

Load Chart

Sebelum mengoperasikan forklift, sebaiknya operator melihat load chart yang tertera pada forklift terlebih dahulu, untuk menghindari forklift terjungkal ke depan atau terguling.

Name Plate

Name Plate berfungsi untuk menginformasikan spesifikasi pada forklift, mulai dari manufaktur pembuat, kapasitas, daya motor, tahun pembuatan, serta type dan model froflift.

Overhead Guarding

Overhead guarding berfungsi sebagai pelindung operator agar tidak tertimpa beban saat proses bekerja, seperti mengangkat dan memindahkan beban pada ketinggian.

Tuas

Tuas pada forklift berfungsi untuk menaikkan, menurunkan, serta mengatur kemiringan fork.

Hand Rem

Hand rem berfungsi untuk mengunci forklift agar tidak bergerak ketika diparkirkan.

Horn atau Klakson

Membunyikan klakson akan menjadi peringatan jika ada forklift melintas.

Alarm Mundur

Berfungsi untuk memberikan isyarat bahwa forklift akan mundur.

Indicator Lamp

Berfungsi untuk memberi sinyal kepada operator tentang keadaan forklift, mulai dari indikator bahan bakar, suhu mesin forklift, dan lain-lain.

Engine Mounting

Berfungsi sebagai tempat dudukan pada mesin dan juga meredam getaran yang dihasilkan mesin forklift.

Hour Meter

Berfungsi untuk mengetahui berapa lama forklift sudah digunakan dalam satu hari.

Lampu-Lampu

Digunakan untuk penerangan jalan dam memberikan sinyal pada pengguna sekitar.

Emergency Stop

Berfungsi untuk memutuskan sistem dari forklift secara tiba-tiba, apabila ada malfungsi yang terjadi pada forklift. Emergency stop biasa berwarna merah, mudah dilihat dan tidak terhalang oleh apapun kecuali tempat pelindung tombol emergency.

Itulah berbagai fungsi Safety Device pada forklift. Setelah Bapak/Ibu mengetahui informasi ini dan menginginkan untuk sewa forklift dengan Safety Device lengkap. Tentu saja jawabannya adalah Mutiara Forklift, karena MF menyediakan jasa rental forklift terbaik.

 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, sewa forklift di MF sekarang juga!

Jangan lupa juga, kunjungi juga sosial media MF!

Ig: @mutiaraforklift

Fb: Mutiara Forklift

Tiktok: mutiaraforklift

News Lainnya :

Whatsaap

Follow Our Social Media