MUTIARA FORKLIFT

Blog News Mutiara Forklift

Jenis-Jenis Attachment Forklift

Jenis-Jenis Attachment Forklift

Forklift adalah salah satu alat berat yang banyak digunakan untuk memudahkan pekerjaan mengangkat dan memindahkan barang. Apabila aktivitas tersebut lebih kompleks, maka perlu menggunakan alat tambahan, yaitu attachment.

Alat tambahan ini, terdiri dari berbagai jenis yang tentunya memiliki masing-masing fungsi yang berbeda-beda. Namun, sebelum Bapak/Ibu menentukan jenis attachment type yang diinginkan, maka Bapak/Ibu perlu mengetahui jenis dan fungsinya.

1.Side Shift Fork

Attachment jenis ini, memiliki fungsi untuk memudahkan pergerakan fork ke kiri maupun ke kanan. Attachment side shifter juga dilengkapi hidrolik silinder, sehingga barang yang diangkut dapat digeser tanpa perlu menggeser posisi mesin forklift. Penggunaan Attachment side shifter efektif digunakan untuk digunakan di area sempit.

2. Fork Positioner

Fork Positioner terdiri dari tabung hidrolik untuk memudahkan operator memindahkan barang ke posisi yang diinginkan. Pengoperasiannya cukup mudah, Bapak/Ibu hanya perlu mengendalikan tombol hidroliknya. Dengan attachment tipe ini, operator dapat lebih mudah untuk memindahkan beban dan memastikan beban dapat tersebar secara merata dengan aman.

3. Rotating Fork

Fungsi attachment ini adalah memutar garpu pada forklift. Dengan menggunakan attachment ini, operator dapat lebih mudah dan bebas untuk mengangkat beban atau pallet yang membutuhkan posisi menjepit fork yang tidak biasa.

4. Bale Clamp

Fungsi attachment ini adalah mengangkut barang dengan cara dijepit. Jenis barang yang menggunakan attachment ini, seperti barang bergelombang, logam, kapas, dan wol. 

5. Load Stabilizer

Load stabilizer dirancang untuk membantu memindahkan muatan yang cenderung tidak stabil, air kemasan atau wadah kosong. Load stabilizer memiliki cengkraman yang dirancang dengan menyesuaikan dalam memegang beban, maka beban pun dapat dipastikan tidak jatuh ataupun tergelincir saat dipindahkan.

6. Double Pallet

Sesuai dengan namanya, double pallet memiliki fungsi untuk mengangkat hingga dua pallet secara sekaligus. Dengan attachment double pallet, pekerjaan mengangkat, membawa, dan menggeser pallet dapat dilakukan secara hidraulik dan berdampingan. Dengan membawa barang bersamaan atau double, maka dalam satu kali trip, operator dapat membawa barang lebih banyak yang berarti juga meningkatkan produktivitas pekerjaan.

Itulah beberapa informasi tentang beberapa jenis attachment pada forklift. Dengan memilih attachment yang tepat, maka dapat membantu aktivitas operasional perusahaan Bapak/Ibu. Untuk kebutuhan tersebut, Bapak/Ibu dapat menghubungi MF untuk mendapatkan detail mengenai semua attachment.

Hubungi: 081 818 7779

News Lainnya :

Whatsaap

Follow Our Social Media