MUTIARA FORKLIFT

Blog News Mutiara Forklift

Apa yang Dimaksud Titik Tengah Beban (Load Center) pada Forklift?

Apa yang Dimaksud Titik Tengah Beban (Load Center) pada Forklift?

Safety Sign Indonesia

Pusat atau titik tengah beban (Load Center) mewakili seluruh beban forklift, mulai dari depan ke belakang. Hal ini cukup mudah dihitung dengan mengukur beban yang akan dibawa, dan membaginya pada posisi belakang (Counter Weight) hingga ke sandaran (Backrest Forklift).

Sebagai santander, pada kapasitas forklift sedang (forklift 1-3,5 ton), produsen forklift cenderung akan menghitung kapasitas maksimal dengan asumsi pusat beban 500 mm (50 cm) atau 600 mm (60 cm), sesuai dengan ukuran pallet standar (panjang 100 cm atau 120 cm). Namun, jika Bapak/Ibu mengangkat beban yang lebih besar, maka pusat beban akan meningkat.

Dari gambar di atas, menunjukkan bahwa forklift A, B, dan C memperkecil pusat beban. Dengan demikian, makin sedikit pula usaha yang diperlukan untuk mengangkat beban 2.000 kg. Apabila dimensi beban lebih besar, maka Bapak/Ibu memerlukan forklift dengan kapasitas yang lebih besar.

Setelah Bapak/Ibu mengetahui titik beban forklift, maka Bapak/Ibu dapat menentukan beban dan dimensinya yang mampu diangkat oleh forklift.

Untuk mengetahui informasi lainnya, kunjungi juga sosial media MF!

Ig: @mutiaraforklift

Fb: Mutiara Forklift

Tiktok: mutiaraforklift

News Lainnya :

Whatsaap

Follow Our Social Media